MENUTUP TAHUN BERSAMA “SPIDER-MAN : NO WAY HOME”

 






Anda sudah menonton Film “Spider-Man : No Way Home” ? Film Spider-Man: No Way Home ini sudah tayang di bioskop sejak 15 Desember 2021 lalu. Spider-Man : No Way Home menjadi karya Spider-Man terbaik yang pernah tayang di layar lebar, bahkan tidak berlebihan bila penulis anggap sekuel ini adalah sebagai salah satu film Marvel terbaik.

Meningat Kisah Spider-Man: No Way Home tidak lagi hanya berkutat dengan keegoisan bocah remaja yang menjadi superhero seperti kebanyakan kisah Spider-Man, atau hanya sekadar pamer aksi laga juga fantasi yang penuh CGI dan membuat kagum.

Spider-Man: No Way Home mencoba menjadi lebih dewasa dengan kisah soal pergulatan batin akan pilihan dalam hidup, menghadapi ketakutan di masa lalu dan kekhawatiran di masa depan, pembelajaran untuk merelakan, dan menghargai apa yang dimiliki saat ini.

Serta tentu saja, sebuah kutipan legendaris yang ada dalam film Spider-Man adalah esensi dari film ini: with great power comes great responsibility.

Sesuatu yang menjadi bagian refleksi akhir tahun 2021 ini, untuk kita semua. Mengingat berbgai macam pergumulan yang (mungkin) kita hadapi begitu menyakitkan namun bukan “tanpa makna”. Segala sesuatu yang terjadi dalam kita tentu penuh makna dan menjadi hikmat untuk kita menjalani hidup ditahun yang baru ini. Sekaligus sebagai pendewasaan karakter kita, bila kita melihatnya secara positif.

Persis seperti dalam Film, yang secara tersirat memberikan pesan kepada kita bahwa kadang kala, bantuan yang datang saat kita terpuruk justru ‘diri kita yang lain’. Seolah seperti kita menemukan jawaban dari pertanyaan yang kita tanya sendiri di depan cermin. Itulah cara terbaik untuk melihat dan menilai segala sesuatu yang terjadi dalam hidup kita.

Sebab segala sesuatu yang terjadi, tidak pernah sekalipun mengganggu hidup kita. Sebaliknya cara pandang kita dalam merespon segala sesuatu yang terjadi dalam hidup, sering menjadi penyebab utama terjadinya ketidakbahagiaan dalam hidup.

Tak peduli seberapa besar “badai” yang kian menerpa hidup kita selama tahun 2021. Kita harus tetap dan terus berjalan. Jangan pernah berhenti dan berputus asa. Karena pemikiran yang demikian justru membuat kita akan tenggelam dalam keadaan yang terus menakutkan.

Lakukan saja Apa yang dapat kita lakukan dan yakinkan diri bahwa BADAI PASTI BERLALU. Kita tidak akan pernah berhenti, tetapi maju terus. Karena kita yakin bahwa di depan sana Kepastian dan Kesuksesan telah disediakan untuk kita.

Ingatlah, bahwa hidup memang tidak pernah berjalan mulus. Seperti keputusan baik yang diambil oleh Spider-Man, ternyata tidak berjalan mulus untuk hidupnya. Bahkan tidak berdampak untuk dirinya saja, tapi kehidupan orang-orang terdekat. Salah satunya Bibi May yang harus meninggal dalam keputusan baik yang diambil oleh Spider-Man. Peristiwa yang membuat Peter Parker mengalami krisis diri dan bergumul besar atas dirinya sebagai Spider-Man.

Demikian juga kenyataan hidup , yang tidak pernah pasti dan sulit untuk dimengerti. Sesuatu yang mengisyarakatkan kepada kita, bahwa manusia hanya bisa menjalani dan berhenti mengeluh. Kecewa terhadap segala sesuatu yang telah dan pernah terjadi justru hanya membuat kita diam dan tak berkembang. Marah dan Sedih terhadap segala sesuatu yang tidak sesuai dengan kita harapkan, juga hanya membuat karakter kita tidak lebih baik.

Yeremia 20:7-12 juga menceritakan pergumulan batin Yeremia yang disiksa dan ditawan bagaikan pencuri. Padahal dirinya tidak melakukan kesalahan apapun, sebaliknya Yeremia melakukan hal baik dan menjalankan panggilan Tuhan. Keadaan pahit yang sampai meragukan panggilannya. Itulah mengapa, terlintas dalam pikirannya untuk hidup damai dan tenang dengan cara meninggalkan tugasnya dan pergi ke suatu tempat yang aman. Tetapi hal ini tidak mungkin dan tidak dilakukan olehnya. Yeremia tetap setia dalam pengharapan dan panggilanNya kepada Tuhan.

Mengulang apa yang disampaikan Bibi May kepada Peter Parker; with great power comes great responsibility. Demikian juga pesan ini diberikan kepada saudara yang telah melewati berbagai persoalan batin di Tahun 2021. (Mungkin) Tuhan memang sedang memberikan tanggung jawab besar kepada kita ditahun ini, sebab DIA yakin kita memiliki kekuatan besar untuk menghadapi semuanya. Bahkan lebih daripada itu, saat kita mengaku bahwa diri kita lemah dan tidak memiliki kekuatan itu, kasih Tuhan bekerja dan menyertai kita begitu sempurna.

Bersabarlah, teruslah berjalan dalam iman dan pegharapan kepada Tuhan.

Komentar